Sabtu, 25 Februari 2012

SKL UNAS SMK 2012


SKL UNAS MATEMATIKA 2011/2012
45. MATEMATIKA SMK (KELOMPOK PARIWISATA, SENI, DAN KERAJINAN, TEKNOLOGI KERUMAHTANGGAAN, PEKERJAAN SOSIAL, DAN ADM. PERKANTORAN)
NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep operasi bilangan real.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala atau perbandingan.
Menentukan hasil operasi pada bilangan berpangkat.
Menentukan hasil operasi bentuk akar.
Menentukan nilai logaritma tertentu dengan menggunakan sifat-sifatnya.
2.
Menentukan penyelesaian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan, matriks, dan program linear.
Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linear.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
Menyelesaikan operasi matriks.
Menentukan model matematika dari masalah program linear.
Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linear.
3.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas daerah bangun datar.
Menentukan keliling bangun datar.
Menentukan luas daerah bangun datar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan/atau luas daerah bangun datar.
4.
Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
Menentukan rumus umum atau suku ke-n dari suatu barisan bilangan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan atau deret aritmetika.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan atau deret geometri.
5.
Menerapkan aturan konsep statistika dalam pemecahan masalah.
Menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram.
Menghitung ukuran pemusatan data.
Menghitung ukuran penyebaran data.

44. MATEMATIKA SMK (KELOMPOK AKUNTANSI DAN PEMASARAN)
NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Melakukan operasi hitung pada bilangan real dan dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan persentase untung atau rugi dari suatu kegiatan ekonomi.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
2.
Menggunakan konsep persamaan dan pertidaksamaan, program linier dalam pemecahan masalah.
Menentukan penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel.
Menentukan model matematika pada permasalahan program linier.
Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat.
3.
Menerapkan konsep operasi pada matriks dalam pemecahan masalah.
Menghitung hasil  operasi matriks.
Menentukan invers matriks.
4.
Mengaplikasikan prinsip-prinsip logika matematika dalam menarik kesimpulan.
Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan.
Menentukan kesimpulan yang sah berdasarkan aturan penarikan kesimpulan dari dua buah premis yang diketahui.
5.
Menyelesaikan masalah berkenaan dengan fungsi dan dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
Menentukan salah satu unsur pada perhitungan keseimbangan pasar, jika diketahui fungsi permintaan dan fungsi penawaran.
Menentukan persamaan fungsi kuadrat, jika diberikan grafiknya dan atau sebaliknya.
6.
Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
Menentukan rumus umum atau salah satu unsur dari suatu barisan aritmetika atau geometri.
Menentukan jumlah deret geometri tak hingga atau memecahkan masalah terkait.
7.
Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar dalam menyelesaikan masalah.
Menghitung keliling dan luas bangun datar.
8.
Menerapkan konsep permutasi dan kombinasi serta banyak kemungkinan dan peluang suatu kejadian dalam menyelesaikan masalah.
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan permutasi atau kombinasi.
Menentukan peluang suatu kejadian.
9.
Menerapkan konsep pengolahan, penyajian, dan penafsiran data statistik dalam pemecahan masalah.
Menginterpretasi data yang disajikan dalam bentuk diagram.
Menentukan ukuran pemusatan data.
Menentukan ukuran penyebaran data.
10.
Menerapkan konsep matematika keuangan serta trampil menggunakannya untuk menyelesaikan permasalahan dalam bidang kejuruan.
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan bunga tunggal.
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan bunga majemuk.
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan rente.
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan anuitas.
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan penyusutan.


43. MATEMATIKA SMK (KELOMPOK TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN)
NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Melakukan operasi bilangan real dan menerapkannya dalam bidang kejuruan.
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan operasi bilangan real.
Menentukan hasil operasi bilangan berpangkat dan bentuk akar, dan/atau logaritma.
2.
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
Menyelesaikan masalah sistem persamaan atau pertidaksamaan linear dua variabel.
3.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi linear, fungsi kuadrat, dan program linear.
Menentukan fungsi linear dan/atau grafiknya.
Menentukan fungsi kuadrat dan/atau grafiknya.
Menentukan model matematika dari masalah program linear.
Menentukan daerah himpunan penyelesaian dari masalah program linear.
Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linear.
4.
Menerapkan konsep matriks dan
vektor untuk memecahkan masalah.
Menentukan hasil operasi matriks atau invers suatu matriks.
Menentukan hasil operasi vektor dan besar sudut antar vektor pada bidang atau ruang.
5.
Menerapkan prinsip-prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.
Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan.
Menentukan invers, konvers, atau kontraposisi.
Menarik kesimpulan dari beberapa premis.
6.
Menentukan unsur-unsur bangun datar, keliling dan luas bangun datar, luas permukaan dan volum bangun ruang, unsur-unsur irisan kerucut serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
Mengidentifikasi bangun datar, bangun ruang, dan unsur-unsurnya.
Menghitung keliling dan luas bangun datar atau menyelesaikan masalah yang terkait.
Menghitung luas bangun permukaan bangun ruang atau menyelesaikan masalah yang terkait.
Menghitung volum bangun ruang atau menyelesaikan masalah yang terkait.
7.
Menerapkan konsep perbandingan trigonometri dalam pemecahan masalah.
Menentukan unsur-unsur segitiga dengan menggunakan perbandingan trigonometri.
Mengkonversi koordinat kutub ke koordinat kartesius atau sebaliknya.
8.
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret.
Mengidentifikasi pola, barisan, atau deret bilangan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan atau deret aritmetika.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri.
9.
Menerapkan konsep peluang dalam pemecahan masalah.
Menentukan permutasi atau kombinasi.
Menghitung peluang suatu kejadian atau frekuensi harapannya.
10.
Menerapkan konsep dan pengukuran statistik dalam pemecahan masalah.
Menginterpretasi data yang disajikan dalam bentuk tabel atau diagram.
Menghitung ukuran pemusatan data.
Menghitung ukuran penyebaran data.
11.
Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.
Menentukan limit fungsi aljabar atau fungsi geometri.
Menentukan turunan fungsi aljabar atau fungsi geometri.
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep turunan.
12.
Menggunakan konsep integral dalam pemecahanan masalah.
Menentukan integral tak tentu atau integral tentu dari fungsi aljabar atau trigonometri.
Menentukan luas daerah di antara dua kurva.
Menentukan volum benda putar.
13
Menerapkan konsep irisan kerucut dalam memecahkan masalah.
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan lingkaran atau parabola.




Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "SKL UNAS SMK 2012"

Posting Komentar