SKL UNAS MATEMATIKA 2011/2012
45. MATEMATIKA SMK
(KELOMPOK PARIWISATA, SENI, DAN KERAJINAN, TEKNOLOGI KERUMAHTANGGAAN, PEKERJAAN
SOSIAL, DAN ADM. PERKANTORAN)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1
|
Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan konsep operasi bilangan real.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan skala atau perbandingan.
|
Menentukan hasil operasi pada
bilangan berpangkat.
|
||
Menentukan hasil operasi bentuk akar.
|
||
Menentukan nilai logaritma tertentu
dengan menggunakan sifat-sifatnya.
|
||
2.
|
Menentukan penyelesaian
yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan, matriks, dan program
linear.
|
Menentukan himpunan penyelesaian
persamaan dan pertidaksamaan linear.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
|
||
Menyelesaikan operasi matriks.
|
||
Menentukan model matematika dari
masalah program linear.
|
||
Menentukan nilai optimum dari
sistem pertidaksamaan linear.
|
||
3.
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan keliling dan luas daerah bangun datar.
|
Menentukan keliling bangun datar.
|
Menentukan luas daerah bangun datar.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan keliling dan/atau luas daerah bangun datar.
|
||
4.
|
Menerapkan konsep barisan dan
deret dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan rumus umum atau suku ke-n
dari suatu barisan bilangan.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan barisan atau deret aritmetika.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan barisan atau deret geometri.
|
||
5.
|
Menerapkan aturan konsep
statistika dalam pemecahan masalah.
|
Menginterpretasikan data yang
disajikan dalam bentuk diagram.
|
Menghitung ukuran pemusatan data.
|
||
Menghitung ukuran penyebaran data.
|
44. MATEMATIKA SMK
(KELOMPOK AKUNTANSI DAN PEMASARAN)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Melakukan operasi hitung pada bilangan
real dan dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
|
Menyelesaikan masalah berkaitan
dengan persentase untung atau rugi dari suatu kegiatan ekonomi.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan perbandingan.
|
||
2.
|
Menggunakan konsep persamaan dan pertidaksamaan,
program linier dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan penyelesaian sistem
persamaan linier dua variabel.
|
Menentukan model matematika pada
permasalahan program linier.
|
||
Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat.
|
||
3.
|
Menerapkan konsep operasi
pada matriks dalam pemecahan masalah.
|
Menghitung hasil operasi
matriks.
|
Menentukan invers matriks.
|
||
4.
|
Mengaplikasikan
prinsip-prinsip logika matematika dalam menarik kesimpulan.
|
Menentukan ingkaran dari suatu
pernyataan.
|
Menentukan kesimpulan yang sah
berdasarkan aturan penarikan kesimpulan dari dua buah premis yang
diketahui.
|
||
5.
|
Menyelesaikan masalah
berkenaan dengan fungsi dan dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
|
Menentukan salah satu unsur pada
perhitungan keseimbangan pasar, jika diketahui fungsi permintaan dan
fungsi penawaran.
|
Menentukan persamaan fungsi kuadrat,
jika diberikan grafiknya dan atau sebaliknya.
|
||
6.
|
Menerapkan konsep barisan dan
deret dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan rumus umum atau salah satu
unsur dari suatu barisan aritmetika atau geometri.
|
Menentukan jumlah deret geometri tak
hingga atau memecahkan masalah terkait.
|
||
7.
|
Menggunakan konsep keliling
dan luas bangun datar dalam menyelesaikan masalah.
|
Menghitung keliling dan luas bangun
datar.
|
8.
|
Menerapkan konsep permutasi
dan kombinasi serta banyak kemungkinan dan peluang suatu kejadian dalam
menyelesaikan masalah.
|
Menyelesaikan permasalahan yang
berkaitan dengan permutasi atau kombinasi.
|
Menentukan peluang suatu kejadian.
|
||
9.
|
Menerapkan konsep
pengolahan, penyajian, dan penafsiran data statistik dalam pemecahan
masalah.
|
Menginterpretasi data yang disajikan
dalam bentuk diagram.
|
Menentukan ukuran pemusatan data.
|
||
Menentukan ukuran penyebaran data.
|
||
10.
|
Menerapkan konsep matematika keuangan
serta trampil menggunakannya untuk menyelesaikan permasalahan dalam bidang
kejuruan.
|
Menyelesaikan permasalahan yang
berkaitan dengan bunga tunggal.
|
Menyelesaikan permasalahan yang
berkaitan dengan bunga majemuk.
|
||
Menyelesaikan permasalahan yang
berkaitan dengan rente.
|
||
Menyelesaikan permasalahan yang
berkaitan dengan anuitas.
|
||
Menyelesaikan permasalahan yang
berkaitan dengan penyusutan.
|
43. MATEMATIKA SMK
(KELOMPOK TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Melakukan operasi bilangan real
dan menerapkannya dalam bidang kejuruan.
|
Menyelesaikan masalah dengan
menggunakan operasi bilangan real.
|
Menentukan hasil operasi bilangan
berpangkat dan bentuk akar, dan/atau logaritma.
|
||
2.
|
Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel
serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
|
Menyelesaikan masalah sistem
persamaan atau pertidaksamaan linear dua variabel.
|
3.
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan fungsi linear, fungsi kuadrat, dan program linear.
|
Menentukan fungsi linear dan/atau
grafiknya.
|
Menentukan fungsi kuadrat dan/atau
grafiknya.
|
||
Menentukan model matematika dari
masalah program linear.
|
||
Menentukan daerah himpunan
penyelesaian dari masalah program linear.
|
||
Menentukan nilai optimum dari
sistem pertidaksamaan linear.
|
||
4.
|
Menerapkan konsep matriks dan
vektor untuk
memecahkan masalah.
|
Menentukan hasil operasi matriks atau
invers suatu matriks.
|
Menentukan hasil operasi vektor dan
besar sudut antar vektor pada bidang atau ruang.
|
||
5.
|
Menerapkan prinsip-prinsip
logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan
pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.
|
Menentukan ingkaran dari suatu
pernyataan.
|
Menentukan invers, konvers, atau
kontraposisi.
|
||
Menarik kesimpulan dari beberapa
premis.
|
||
6.
|
Menentukan unsur-unsur
bangun datar, keliling dan luas bangun datar, luas permukaan dan volum
bangun ruang, unsur-unsur irisan kerucut serta dapat menerapkannya dalam bidang
kejuruan.
|
Mengidentifikasi bangun datar, bangun
ruang, dan unsur-unsurnya.
|
Menghitung keliling dan luas bangun
datar atau menyelesaikan masalah yang terkait.
|
||
Menghitung luas bangun permukaan
bangun ruang atau menyelesaikan masalah yang terkait.
|
||
Menghitung volum bangun ruang atau
menyelesaikan masalah yang terkait.
|
||
7.
|
Menerapkan konsep
perbandingan trigonometri dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan unsur-unsur segitiga
dengan menggunakan perbandingan trigonometri.
|
Mengkonversi koordinat kutub ke
koordinat kartesius atau sebaliknya.
|
||
8.
|
Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan barisan dan deret.
|
Mengidentifikasi pola, barisan, atau
deret bilangan.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan barisan atau deret aritmetika.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan barisan dan deret geometri.
|
||
9.
|
Menerapkan konsep peluang
dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan permutasi atau kombinasi.
|
Menghitung peluang suatu kejadian
atau frekuensi harapannya.
|
||
10.
|
Menerapkan konsep dan pengukuran statistik
dalam pemecahan masalah.
|
Menginterpretasi data yang disajikan
dalam bentuk tabel atau diagram.
|
Menghitung ukuran pemusatan data.
|
||
Menghitung ukuran penyebaran data.
|
||
11.
|
Menggunakan konsep limit fungsi
dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan limit fungsi aljabar atau
fungsi geometri.
|
Menentukan turunan fungsi aljabar
atau fungsi geometri.
|
||
Menyelesaikan masalah dengan
menggunakan konsep turunan.
|
||
12.
|
Menggunakan konsep integral
dalam pemecahanan masalah.
|
Menentukan integral tak tentu atau
integral tentu dari fungsi aljabar atau trigonometri.
|
Menentukan luas daerah di antara dua
kurva.
|
||
Menentukan volum benda putar.
|
||
13
|
Menerapkan konsep irisan
kerucut dalam memecahkan masalah.
|
Menyelesaikan model matematika dari
masalah yang berkaitan dengan lingkaran atau parabola.
|
0 komentar: on "SKL UNAS SMK 2012"
Posting Komentar